Tips Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tips mudah untuk menjaga kesehatan mata anda, dikarenakan kesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya.

tips mudah untuk menjaga kesehatan mataSelamat datang di halaman website resmi milik alfian herbal, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar kesehatan mata yang akan mengutip sedikit mengenai Tips Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata. Seperti yang telah kita ketahui bahwa mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi , dll.

Merawat Mata Secara Alami dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Jangan abaikan pentingnya asupan gizi yang bersumber dari buah dan sayur untuk mendukung kesehatan mata. Tips mudah untuk menjaga kesehatan mata secara alami bisa dimulai dari beberapa langkah sederhana ini :

  • Perbanyak konsumsi wortel. Wortel mengandung banyak beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi mata. Kandungan beta karoten di dlam worterlberkhasiat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.
    merawat mata dengan potongan mentimun
  • Pakailah mentimun yang diiris untuk mengompres mata anda. Lebih bagus lagi jika mentimun sudah ditaruh di lemari es. Tutup kelopak mata dengan irisan mentimun selama 10 menit sebelum tidur saat malam hari. Khasiatnya untuk mengurangi kantung mata dan keletihan pada mata.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dengan daun hijau tua. Sayuran seperti ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata. Konsumsi buah-buahan seperti cerry, buah berry karena dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.
  • Berolahraga dan penuhi konsumsi multivitamin seperti vitamin C, E, B6 dan B12.

Selain itu juga, merawat kesehatan mata bisa dengan mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini :

-Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

-Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.

-Kale
Kale mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin: resep sempurna untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan.

-Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

-Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.

-Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

-Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi.

-Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

-Wortel
Seperti telah diketahui, buah dan sayuran yang berwarna orange adalah baik untuk mata. Adalah beta-carotene, salah satu tipe vitamin A yang memberi warna orange pada wortel, membantu untuk retina dan bagian lain pada mata agar berufngsi dengan baik.

-Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium dan vitamin E, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

Berikut ini Tips Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Lakukan

-Riwayat kesehatan mata keluarga
Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Anda. Apakah orang tua Anda di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan Anda, apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

-Jaga jarak pandang
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.

-Hindari kebiasaan mengucek mata
Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

-Istirahatkan mata
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Anda terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.

-Makan makanan yang mengandung vitamin A
Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

-Pakai pelindung mata
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

-Periksa mata
Periksakan mata Anda secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.

-Berhenti merokok
Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai tips mudah untuk menjaga kesehatan mata , semoga dengan adanya kutipan artikel ini anda bisa lebih waspada dalam menjaga / merawat mata dengan benar dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setip harinya. Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Tips Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *