Tips Mencegah Katarak Sejak Dini

Inilah Beberapa Tips Mencegah Katarak Sejak Dini

Ketahui beberapa tips mencegah katarak sejak dini, meskipun katarak umumnya menimpa seseorang yang telah memasuki usia lanjut setelah usia 60 tahun.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya.  Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi “tips mencegah katarak sejak dini“.

Nah, berhubung pada website resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaAllah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!

Ketahui Informasi Seputar Mata Katarak

Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

Penderita Katarak di Indonesia

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak-anak (katarak anak-anak), meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula.  Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahun. Dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Penyebab katarak belum diketahui secara pasti. Seiring bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya. Inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening, berubah menjadi keruh. 

Hingga saat ini, alasan di balik proses penuaan yang dapat berujung pada perubahan protein di lensa mata belum diketahui. Meski demikian, ada beberapa faktor lain yang akan mempertinggi risiko Anda terkena katarak. Di antaranya adalah:

  • Mata yang terpajan sinar matahari untuk waktu yang lama.
  • Penyakit-penyakit tertentu, misalnya diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata (uveitis) jangka panjang.
  • Konsumsi obat kortikosteroid berdosis tinggi untuk waktu lama.
  • Pernah menjalani operasi mata.
  • Pernah mengalami cedera pada mata.
  • Memiliki riwayat katarak dalam keluarga.
  • Pola makan yang tidak sehat dan kekurangan vitamin.
  • Konsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin.
    Merokok.

Berikut Tips Mudah mencegah Katarak Sejak Dini

1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah katarak yang pertama adalah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Konsumsilah makanan sehat sejak usia muda, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E agar ketika tua nanti kesehatan mata Anda tetap terjaga dan terhindar dari yang namanya katarak. Kemudian, batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat serta gula sejak dini.

2. Lindungi Mata Dari Sinar Matahari

Kemudian cara mencegah katarak pada mata yang selanjutnya yaitu adalah dengan melindungi mata dari sinar matahari. Sinar matahari ini tidak hanya menyebabkan kulit Anda menjadi hitam saja tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata dan bisa menyebabkan terbentuknya katarak pada mata. Gunakanlah kaca mata ketika sedang bekerja agar sinar matahari tidak langsung mengenai mata Anda, atau jika Anda kurang nyaman menggunakan kaca mata maka bisa menggantinya dengan topi agar mata Anda bisa terlindungi dari sinar UV.

3. Hindari Alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa alkohol sangat tidak baik bagi tubuh, selain bisa menggangu kesehatan tubuh ternyata alkohol ini juga bisa mengakibatkan seseorang terkena katarak. So, maka dari itu hindarilah minuman beralkohol sejak usia muda agar ketika tua nanti kesehatan tubuh dan mata Anda tetap terjaga sehingga kita bisa tetap menikmati hidup di usia senja tanpa adanya sakit-sakitan.

4. Konsumsi Teh Setiap Hari

Mengkonsumsi teh secara rutin ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga mampu membantu membuat lensa mata menjadi jernih. Para peneliti telah melakukan uji coba mengenai hal ini pada seekor tikus dan hasilnya menakjubkan yaitu tikus yang diberikan teh setiap hari kesehatan matanya tetap terjaga dan lensa matanya menjadi jernih.

5. Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang mengalami obesitas di usia muda maka sebaiknya mulailah untuk menjalani program diet karena berat badan yang berlebih ini sangat beresiko dan bisa menyebabkan Anda terkena berbagai penyakit, diantaranya adalah penyakit dibetes melitus. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu penyebab mengapa seseorang terkena penyakit katarak ini adalah karena adanya komplikasi penyakit dari diabetes melitus. So, apabila Anda ingin kesehatan tubuh dan mata tetap terjaga hingga tua nanti maka turunkan lah berat badan Anda.

6. Cukup Istirahat
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan sejak dini untuk mencegah penyakit katarak ini adalah yaitu cukup istirahat. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur cukup agar tubuh tetap bugar dan sehat. Ketika kita tertidur maka mata akan lebih santai, selain itu tidur juga bisa membantu penyerapan mineral dan vitamin secara maksimal oleh mata.

Baca Juga | Bahaya Mata Minus Tanpa Kacamata

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Alamat web diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Agen Resmi Alfian Herbal :

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115.

Tips Mencegah Katarak Sejak Dini

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *