Super Food Terbaik Untuk Kesehatan Mata Bayi

Ketahui Super Food Terbaik Untuk Kesehatan Mata Bayi

Super food terbaik untuk kesehatan mata bayi , karena untuk menunjang pertumbuhan mata yang sehat, harus memberi nutrisi tepat,

Super food terbaik untuk kesehatan mata bayi | Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting bagi manusia untuk melihat benda atau objek yang ada di sekelilingnya. Mata yang sehat akan mampu melihat objek atau benda dengan jelas. Kesehatan mata sangat penting dijaga untuk menunjang normalnya penglihatan serta ketajaman melihat suatu benda. Untuk mendapatkan mata yang sehat dan normal maka perlu diperhatikan asupan berbagai nutrisi atau zat gizi. Supaya mata anak anda sehat dan tidak mengalami kelainan dalam pertumbuhannnya maka anda harus mengetahui berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan mata yang perlu anda berikan sejak dini.

super food terbaik untuk kesehatan mata bayiPernahkah Anda mendengar tentang superfood untuk bayi dan balita? Ternyata istilah superfood tidak hanya berlaku untuk para orang dewasa saja, karena bayi dan balita juga memiliki beberapa jenis superfood yang berguna untuk proses tumbuh kembangnya. Ada beberapa jenis superfood untuk bayi dan balita yang harus diberikan dengan menyesuaikan usianya. Dan berikut adalah contoh superfood untuk bayi dan balita.

  • Lentils
    Lentil (Lens culinaris) adalah sejenis biji-bijian berbentuk seperti lensa (sehingga membuatnya diberi nama lentil). Anda mungkin pernah melihat bahan makanan ini di supermarket kesayangan Anda dengan ciri-ciri sebagai berikut: merupakan biji kering dan berbentuk pipih, seperti cakram tetapi berukuran mini, dengan diameter sekitar 0,5 cm, dan berwarna cokelat muda, merah jingga, atau abu-abu. Ya! itu adalah kacang lentil. Lentil ini tidak dapat dimakan mentah, tetapi harus dimasak dulu sebelum dimakan.  Lentils adalah sejenis biji-bijian berbentuk pipih dan mengandung gizi tinggi. Kacang Lentil memiliki ukuran, warna dan rasa tergantung darimana asalnya dan dapat dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu: Kacang Lentil dengan biji kecil dan Kacang lentil dengan biji besar. Jika di negara-negara barat sangat di suka dan yang paling terkenal adalah varietas Altamura besar dan kacang lentil kecil jenis Castelluccio, konon jenis yang ini sangat populer karena rasanya yang sangat lezat.
  • Sayuran berdaun warna hijau gelap
    Tidak pernah ada istilah terlalu dini untuk mulai memberi bayi Anda makanan dari sayuran hijau! Kale (sejenis kubis keras dari varietas yang menghasilkan sayuran dengan batang tegak dan daun yang lebar) adalah sayuran dengan kandungan gizi tinggi. Sayuran Superfood untuk Bayi: (dari kiri ke kanan: Kale, Swiss Chard, Collard Greens, dan Bayam) Ini adalah sumber yang luar biasa untuk mendapatkan zat besi dan folat alami, seperti yang lain misalnya chard, bayam, dan collard hijau (sejenis kubis berdaun dari family Brassica oleracea, yang merupakan bagian dari kelompok Acephala, sebangsa kubis dan brokoli).
  • Brokoli
    Sayuran silangan ini mengandung serat, folat, dan kalsium, dan bahkan dapat membantu mencegah kanker. Perkenalkan bayi Anda rasa brokoli sejak awal, dan Anda akan mendorong cinta si buah hati seumur hidupnya terhadap sayuran hijau.
  • Alpukat
    Ibu mungkin ragu memberikan alpukat sebagai makanan pertama pada bayi. Tetapi jangan khawatir, Alpukat justru sangat baik untuk bayi karena tekstur yang lembut seperti krim; bonus tambahan adalah bahwa alpukat mengandung lemak “baik” dan memiliki kandungan gizi yang tinggi!. Alpukat sering disebut sebagai salah satu makanan alami superfood yang sempurna karena mereka dikatakan mengandung semua yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. “lemak baik” untuk otak bayi dan perkembangan fisiknya, cobalah buah alpukat sebagai makanan pertama bayi dan bukannya memberi sereal olahan. Buah-sayuran berdaging lembut seperti mentega ini kaya akan lemak sehat yang membantu meningkatkan perkembangan otak si buah hati kesayangan ortu.
  • Daging merah
    Daging merah yang kaya nutrisi yaitu seng (zinc) dan zat besi, baik untuk bayi Anda. Anda tidak perlu menghindari untuk memberi makan daging merah pada bayi, yang sebenarnya penuh dengan nutrisi berupa seng dan zat besi. Rebusan daging yang dididihkan sampai lezat dan lembut, dan serpihan dengan garpu, lalu saring hingga selembut mungkin untuk dilahap oleh bayi Anda.

Berikut Beberapa Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Bayi

Superfood terbaik untuk mata bayi | Saat lahir, bayi belum dapat melihat sempurna. Untuk menunjang pertumbuhan mata yang sehat, beri nutrisi tepat. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasikan objek dan mengingat apa yang mata lihat. Pemberian nutrisi yang tepat akan menunjang kesehatan mata bayi, selain tentu stimulasi yang layak untuk meningkatkan minat, rentang perhatian, ingatan dan perkembangan sistem saraf. Kecukupan gizi yang menunjang kesehatan mata bayi memang mutlak. Gizi yang seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata bisa didapat dari makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu kesehatan mata dan menjaga penglihatan si kecil.

AA dan DHA
Nutrisi AA dan DHA sangat dibutuhkan oleh retina serta otak untuk membangun jaringan pada saraf utama. Kandungan nutrisi AA dan DHA bisa anda dapatkan dari minyak ikan, ikan laut dan juga terdapat pada ASI. Maka dari itu supaya mata bayi anda sehat maka utamakan untuk memberikan ASI daripada susu formula.

Vitamin C
Vitamin C sangat dikenal karena baik untuk kesehatan tulang serta otot dan menjaga dalam kesehatan gigi serta gusi. Selain itu vitamin C juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata dalam mengurangi resiko katarak. Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, papaya, stroberi, belimbing, mangga, sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli.

Vitamin E
Kandungan vitamin E sangat berguna untuk menghambat penyakit katarak dan memperlambat penyakit katarak apabila sudah terinfeksi. Vitamin E bisa diperoleh dari kacang-kacangan serta sayur-sayuran yang berwarna hijau.

Vitamin A
Fungsi dari vitamin A yaitu untuk pertumbuhan serta perkembangan kornea mata, mengurangi resiko katarak, membantu fungsi retina dan membantu mata dalam beradaptasi terhadap sumber cahaya. Makanan yang mengandung vitamin A yaitu semangka, wortel, brokoli, mangga, tomat, hati dan telur.

Lutein
Lutein berguna untuk melindungi bagian mata yaitu retina dari radiasi sinar biru serta lutein juga berguna sebagai antioksidan yang sangat alami. Lutein banyak terkandung dalam bayam, wortel, ASI dan daging merah.

Taurin
Sumber makanan yang mengandung taurin yaitu daging merah serta susu. Taurin berguna untuk perkembangan retina mata. Apabila kekurangan taurin maka akan menyebabkan rabun mata serta lama kelamaan bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

Selenium dan zinc
Fungsi dari selenium dan zinc adalah untuk melindungi mata dari radikal bebas yang dapat membahayakan mata, mencegah penyakit mata dan melindungi mata dari sinar ultra violet (UV). Sumber makanan yang mengandung selenium yaitu makanan laut, susu rendah lemak dan kacang-kacangan. Sedangkan zinc bisa diperoleh dari daging merah, yoghurt, keju serta sereal.

Nah itulah sekilas mengenai superfood terbaik untuk kesehatan mata bayi . Menjaga kesehatan mata anak memang harus di perhatikan dan dirawat sejak dini dengan asupan makanan yang kaya akan nutrisi atau zat gizi. Asupan nutrisi yang seimbang akan menjauhkan anak anda dari resiko terjadinya kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan indera penglihatan. Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang juga akan menunjang dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan semua sistem organ dalam tubuhnya. Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Yoga Untuk Kesehatan Mata

Super Food Terbaik Untuk Kesehatan Mata Bayi

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *