Retina Mata Dan Cara Merawat Kesehatannya

Ketahui retina mata dan cara merawat kesehatannya karena retina memiliki fungsi yang sangat penting bagi mata.

Selamat datang di http://obatkhususmata.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia.  Pada website obat khusus mata ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai retina mata dan cara merawat kesehatannya. Retina merupakan selapis tipis sel yang terdapat pada bagian belakang bola mata. Pada retina inilah cahaya diubah menjadi sinyal syaraf.  Maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui seputar retina mata dan cara merawat kesehatannya. Simak sampai tuntas ulasan berikut!.

Sekilas Informasi Mengenai Retina Mata, fungsi retina dan cara untuk merawat kesehatannya

retina mata dan cara merawat kesehatannyaRetina mata dan cara merawat kesehatannya | Retina adalah selapis tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata vertebrata dan cephalopoda. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf. Retina memiliki sel fotoreseptor (“rods” dan “cones”) yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian mengalami proses rumit yang dilakukan oleh neuron retina yang lain, dan diubah menjadi potensial aksi pada sel ganglion retina. Retina tidak hanya mendeteksi cahaya, melainkan juga memainkan peran penting dalam persepsi visual. Pada tahap embrio, retina dan syaraf optik berkembang sebagai bagian dari perkembangan luar otak.

Fungsi dari retina mata adalah menerima cahaya terfokus dari lensa, mengubah cahaya menjadi sinyal saraf, dan mengirim sinyal syaraf itu ke otak. Proses oleh retina cahaya melalui lapisan sel fotoreseptor. Ini pada dasarnya sel-sel peka cahaya, yang bertanggung jawab untuk mendeteksi kualitas seperti warna, cahaya dan intensitas. Retina memproses informasi yang dikumpulkan oleh sel-sel fotoreseptor dan mengirimkan informasi ini ke otak melalui saraf optik.

Pada dasarnya, retina mekanisme gambar dari cahaya terfokus, dan otak yang kiri akan memutuskan gambar apa yang anda lihat. Karena peran penting retina, kerusakan retina dapat menyebabkan kebutaan permanen. Kondisi seperti ablasi retina, di mana retina normal dipindahkan dari posisi biasa, dapat mencegah retina menerima atau memproses cahaya, dan karena itu otak yang tidak bisa menerima informasi dari sinyal syaraf dapat mengakibatkan kebutaan. Baca juga : Deteksi Buta Warna Sejak Dini Pada Anak

Adapun jenis penyakit yang dapat menyerang pada retina yaitu, kencing manis, kelainan darah, dan darah tinggi. Jika retina ini mengalami kemunduran dalam tugasnya maka akan sangat berpengaruh pada proses penglihatan atau dapat juga mengakibatkan kebutaan. Selain penyakit retina dapat rusak lebih dikarenakan pada pola hidup, misal kekurangan vitamin A dan E karena vitamin ini sangatlah dibutuhkan oleh mata. Kontak secara langsung dan dengan waktu yang lama terhadap layar mampu merusak retina mata. Biasanya seorang dokter akan memberikan solusi operasi atau laser.

Gejala-gejala yang dapat dirasakan ketika retina mata terganggu yaitu, melihat awan gelang berjalan, melihat kilatan cahaya, memandang bayangan tak berbentuk dan melayang, melihat garis lurus berubah menjadi bengkok, dan sebagian penglihatan tidak jelas.

Mata merupakan anggota panca indra, kewajiban kita untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan mata. Terlebih pada retina, adapun cara untuk menjaga kesehatan pada retina mata yaitu :

1. Olahraga mata.

Olahraga mata yang memfokuskan kesehatan retina mata? setidaknya sering dilakukan mengingat pada retina terdapat bagian tersendiri yang dapat dilatih untuk olah raga mata. Setidaknya dicoba untuk dirutinkan agar retina mata tetap terjaga kesehatannya.

2. Hindari stres.

Seperti juga bagian tubuh yang lain, mata anda juga butuh beristirahat. Mata juga terpengaruh oleh stres, masalah mental, atau tekanan fisik. Untuk itu sangat penting merasa rileks dan mengurangi stres untuk menjaga kesehatan mata. Jangan suka begadang dan tidurlah yang cukup untuk mengistirahatkan mata.

3. Atur pola makanan.

Untuk menjaga kesehatan mata dapat mengatur pola makanan yang ada. Setidaknya kebutuhan dari vitamin A, C, dan E terpenuhi, serta asupan akan antioksidan, sayuran hijau, dan protein baik juga untuk retina mata.

4. Usahakan untuk berhenti merokok.

Rokok tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, melainkan juga dapat mengganggu kesehatan pada mata. Nikotin yang terkandung disetiap batang rokok dapat menghambat sirkulasi darah ke retina serta merusak pembuluh darah pada mata. Merokok juga dapat menurunkan antioksidan dalam darah yang nantinya juga akan menurunkan kesehatan pada mata.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai retina mata dan cara merawat kesehatannya. Lakukan pola hidup sehat agar tubuh dan seluruh indera kita selalu sehat. Terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya karena kami akan terus update setiap harinya.

Retina Mata Dan Cara Merawat Kesehatannya

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *