Proses Ilmiah Terjadinya Air Mata

Ketahui Proses Ilmiah Terjadinya Air Mata

Ketika menangis pernahkah anda berfikir tentang bagaimana terjadinya air mata? Jika benar, maka saat ini kami akan menjelaskan proses ilmiah terjadinya air mata.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi ‚ÄúProses Ilmiah Terjadinya Air Mata”.

Pengertian Air Mata

Proses Ilmiah Terjadinya Air MataMenurut wikipedia -, Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi (bahasa Inggris: lacrimation atau lachrymation; (dari bahasa Latin lacrima, artinya “air mata”) untuk membersihkan dan melumasi mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kebanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata.

Pada manusia, selaput air mata yang membungkus mata, dikenal sebagai selaput prekorneal (precorneal film), terdiri dari 3 lapisan yang berbeda, dari permukaan paling luar sampai ke dalam: Lapisan lemak (lipid layer), Lapisan berair (aqueous layer), Lapisan mukosa (mucous layer).

Selaput air mata yang tipis mempersulit kemampuan memakai contact lens, karena kebutuhan oksigen lebih tinggi dari normal, dan contact lens menghalangi masuknya oksigen ke dalam mata. Akibatnya, mata cepat kering ketika memakai contact lens. Obat tetes mata khusus tersedia untuk pemakai contact lens. Sejumlah contact lens didesain untuk mengizinkan oksigen masuk lebih banyak ke mata.

Bagaimana Proses Terbentuknya Air Mata?

Bersumber halosehat -, Menangis biasanya merupakan penyebab utama keluarnya air mata. Tidak hanya menangis karena merasa sedih, tetapi disaat bahagia pun seseorang bisa saja menangis. Meskipun ada juga beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata, seperti saat kemasukan debu, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi tanpa memakai helm, memakan makanan pedas ataupun penyebab lainnya. Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja mata dengan air mata tersebut bisa terbentuk, lalu keluar dari kedua mata kita?

Berikut adalah penjelasan mengenai proses terbentuknya air mata :

  • Proses pembentukan air mata disebut juga dengan proses lakrimasi. Bahasa lakrimasi diambil dari bahasa latin lacrima yang berarti air mata.
  • Sistem lakrimal akan menjaga supaya kondisi di mata tetap lembab. Produksi air mata sendiri bertujuan untuk memberikan pelumas alami pada mata beserta mengencerkan dan membasuh partikel-partikel asing yang masuk ke dalam mata.
  • Dalam proses pembentukannya terdapat dua macam air mata yang akan dihasilkan, yaitu air mata pelumas, yang mengandung air, lemak, dan mukosa, dan air mata aqueus, yang hanya mengandung air sebagai respon dari luapan emosi (menangis) dan iritasi.
  • Kelenjar air mata dengan nama ilmiah lacrima gland yang terletak di sudut bagian atas mata, tepatnya pada bagian antara kelopak mata dan alis akan secara rutin menyebarkan cairan yang membasahi mata setiap adanya kedipan. Kelenjar inilah yang menjadi produsen pembuat air mata. Meskipun ukurannya kecil seperti buah kenari, tetapi organ inilah yang nantinya akan menyemprotkan aliran air mata.
  • Air mata muncul melalui saluran keluar yang berada di sudut luar mata kita. Saat mata kita berkedip sehingga lacrima gland menyebarkan air mata ke semua bagian bagian mata, kemudian air mata akan mengalir melalui lubang di sudut dalam mata melewati saluran lain, untuk berlanjut menuju bidang di belakang hidung (tempat air mata akan diserap oleh tubuh).

Baca Juga | Tips Mencegah Katarak Sejak Dini

Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Alamat web diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Agen Resmi Alfian Herbal :

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115.

Proses Ilmiah Terjadinya Air Mata

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *