Pilihan Makanan Sehat Untuk Bantu Atasi Mata Kering

Obat tetes memang selalu diandalkan untuk mengatasi mata kering. Namun, coba kali ini tinggalkan obat tetes mata Anda dan beralihlah mengonsumsi makanan yang tepat.Ya, terdapat berbagai Pilihan Makanan Sehat Untuk Bantu Atasi Mata Kering. Simak selengkapnya dibawah ini.

Pilihan Makanan Sehat Untuk Bantu Atasi Mata Kering

Pilihan Makanan Sehat Untuk Bantu Atasi Mata Kering | Mata kering adalah kondisi dimana mata mengalami kurangnya hidrasi (jumlah cairan) dimata. Mata senantiasa membutuhkan cairan guna mencegah iritasi. Tak ayal, salah satu gejala yang paling umum adalah mata menjadi merah.

Mata kering berhubungan dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Dalam kata lain, hidrasi yang tepat dari tubuh dan asupan rutin harian dapat mencegah atau bahkan mengurangi gejala-gejala mata kering. Buktinya, beberapa orang mengalami penurunan risiko masalah mata ketika mereka lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah, biji-bijian serta ikan secara cukup. Berikut makanan yang kaya gizi untuk bantu mengatasi mata kering anda :

  • Air Putih

Keluhan mata kering bisa dikurangi dengan minum lebih banyak air. Meskipun air bukan makanan, air tetaplah nutrisi yang paling penting bagi tubuh manusia. The Institutes of Medicine merekomendasikan wanita untuk minum sekitar 2 liter dan pria setidaknya 3 liter. Dua puluh persen dari air yang dibutuhkan tubuh berasal dari makanan yang Anda konsumsi, dan sisanya berasal dari air yang diminum.

Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

  • Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang sangat penting bagi kesehatan mata. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C sudah terbukti dapat melancarkan kerja pembuluh darah pada mata dan membantu mencegah katarak. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C yang baik dari jeruk, bayam, tomat, pisang, apel dan anggur.

  • Vitamin E

Jika tak mau mata kering, Anda bisa juga mengandalkan makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Pasalnya, jenis vitamin ini mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Bahkan vitamin E juga berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, mulai sekarang pastikan jika makanan seperti kacang-kacangan dan ubi – yang kaya vitamin E – ada dalam menu Anda setiap hari.

  • Lutein dan zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin termasuk antioksidan yang dapat mencegah penyakit mata kronis dan membantu menjaga sel mata tetap sehat. Tentunya, masalah mata kering juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini. Contohnya seperti telur, brokoli, kubis, jagung dan bayam. Obat Herbal Radang Paru-Paru

  • Asam lemak omega 3

Makanan dengan omega 3 yang tinggi adalah makanan yang dapat mengatasi mata kering. Menurut Dr. Marc Grossman, orang-orang yang mengalami kejadian mata kering mulai memperlihatkan adanya peningkatan produksi air mata dalam kurun waktu 10 hari setelah meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial.

Omega 3 mampu merangsang kelenjar pada mata (kelenjar meibomian) agar memproduksi minyak pada air mata. Minyak ini berguna untuk menjaga air mata agar tidak cepat kering, sehingga mata senantiasa terasa lembap. Sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, minyak ikan, kacang kedelai, sayuran hijau dan berdaun, kacang-kacangan dan biji-bijian. Baca Juga : Walatra Berry Jus

  • Zink

Selama ini vitamin A terkenal khasiatnya untuk menjaga dan mencegah kerusakan mata. Namun belum banyak orang tahu bahwa zink yang membantu mata untuk mendapatkan vitamin A, yang kemudian digunakan untuk pembentukan melanin mata.

Melanin merupakan pigmen yang terdapat pada iris, yang berguna sebagai penentu warna iris. Jadi jika Anda perhatikan warna mata setiap orang tidaklah sama, tergantung seberapa banyak melanin di dalam iris. Sama halnya seperti melanin penentu warna kulit dan rambut.

Bila kebutuhan zink tidak tercukupi dengan baik, maka mata Anda berisiko tinggi untuk terinfeksi. Zink tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting untuk tercukupi kebutuhannya dari makanan yang Anda konsumsi seperti tiram, lobster, daging sapi, ikan salmon, susu dan telur.

  • Kalium

Terakhir, kalium adalah nutrisi untuk mata yang penting untuk dipenuhi. Kekurangan kalium bisa menyebabkan mata jadi kering. Jadi, agar mata tak cepat kering, sebaiknya konsumsi makanan sumber kalium seperti kacang almond, pisang, kismis, kurma dan alpukat.

Baca Juga : Beragam Jenis Penyakit Yang Bersumber Dari Gadget

Pilihan Makanan Sehat Untuk Bantu Atasi Mata Kering

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *