Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak , Nah disinilah peran penting orang tua untuk mulai sejak dini aktif didalam menjaga kesehatan mata anak anda.

Selamat datang di salah satu halaman website resmi kami http://obatkhususmata.com/ situs resmi milik Alfian Herbal, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan seputar Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak.

Apakah anda memiliki gangguan pada mata? Jika iya, jangan biarkan ini terjadi pada anak-anak anda. Karena itu, jagalah kesehatan mata mereka sejak dini. Berikut ini kami jelaskan cara untuk menjaga kesehatan mata pada artikel Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak. Simak ulasannya sampai dengan tuntas!.

Baca juga artikel kami lainnya : Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Anak

pentingnya menjaga kesehatan mata pada anakMata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Apabila mata mengalami gangguan, maka hidup manusia juga ikut mengalami gangguan. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata selagi masih anak-anak. Pada usia anak-anak hingga usia remaja, proses pemanjangan bola mata adalah normal dan merupakan salah satu proses alamiah. Pemanjangan sumbu nantinya akan menyebabkan media refraktif sulit untuk fokus pada berkas cahaya sehingga obyek pandang akan terfokus di depan retina. Sehingga semakin bertambahnya usia, maka kadar mata minus juga semakin bertambah. Oleh karena itu penting untk menjaga kesehatan mata pada anak sejak dini untuk meminimalisir semakin parahnya kelainan mata minus pada anak.

Tahukah anda bahwa akhir-akhir ini banyak sekali anak yang menderita penyakit mata seperti (katarak, rabun jauh, rabun dekat). Kesehatan mata pada anak dapat terganggu karena banyak faktor, diantaranya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin dan gizi yang dapat membantu untuk menunjang kesehatan mata anak. Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh para orang tua karena kesibukan mengurus pekerjaan lain.

Anak sekarang cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan instan yang di beli di supermarket. Padahal makanan serba cepat saji tersebut meskipun higienis tetapi kadar vitamin yang lebih alaminya sangat kurang. Makanan modern lebih banyak menggunakan zat-zat pengawet yang justru berakibat buruk untuk jangka panjang bagi kesehatan anak saat mereka beranjak dewasa.

Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan bagi anak, termasuk memperhatikan kesehatan mata anak dengan cara membiasakan memberi anak makanan bervitamin yang akan lebih membantu menjaga kesehatan mata anak. Beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan anak terutama untuk kesehatan mata mereka berikan jenis makanan seperti berikut ini.

  • Buah Alpukat

Di dalam buah Alpuka ini terkadung “Lutein”. Suatu zat yang merupakan antioksidan dan sangat penting dibutuhkan untuk kesehatan mata anak. Zat Lutein ini menurut para medis ditemukan terkonsentrasi di makula, yaitu area kecil yang letaknya di retina mata. Dimana retina ini berperan sebagai sensor penjawab bagi penglihatan sentral. Buah Alpukat ini banyak memiliki kandungan Lutein dengan jumlah paling tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Jadi biasakan agar anak anda mengkonsumsi buah alpukat secara teratur.

  • Coklat Hitam

Pada makanan jenis ini memiliki kandungan zat “kakao ekstrak” yang sangat berguna untuk kornea mata anak. Akan tetapi dalam hal mengkonsumsi makanan cokelat juga jangan sampai berlebihan terutama hindari banyak memakan coklat yang mengandung terlalu banyak zat gula atau pemanis buatan. Carilah jenis cokelat hitam yang lebih mengandung kadar gula alami bukan pemanis buatan.

Sayuran berdaun hijau. Jenis sayuran berdaun hijau ini banyak memiliki kandungan nutrisi misalnya : (kalsium, vitamin C, vitamin K dan zat besi). Dimana semua nutrisi penting tersebut sangat berguna sekali untuk kesehatan mata Anak. Usahakan anak anda mengkonsumsi makanan sayuran berdaun hijau secara teratur.

  • Sayur Wortel

Jenis sayur wortel ini kaya akan serat alami dan memiliki kandungan beta karoten, yaitu sebuah zat antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit mata katarak serta degenerasi otot-otot mata.

Dari sedini mungkin para orangtua mempunyai kewajiban untuk menjaga mata buah hatinya agar tidak sakit, rusak permanen ataupun cidera karena mata adalah salah satu panca indera manusia yang sangat penting yang akan terus digunakan hingga meninggal dunia. Apabila mata anak sudah rusak atau cacat permanen, maka anak-anak kita tidak akan bisa melakukan banyak hal dibandingkan dengan anak-anak yang sehat matanya di masa depan, termasuk dalam hal karir atau pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa cara orangtua menjaga kesehatan mata menghindari kerusakan mata pada anak-anak / bayi :

-Kebiasaan Menonton TV, Main Video Game dan Main Komputer

Apabila menonton televisi (tv) maupun main video game wajib menonton pada jarak aman yaitu minimal 5 kali diagonal inchi tv serta menyalakan lampu. Jika anak suka nonton tv jarak dekat sebaiknya larang anak untuk menggunakan tv dan gunakan handphone tv saja. Beri batasan waktu menghadap tv 30 atau 60 menit saja perhari dan ajari untuk sering istirahat mata dan melihat yang jauh-jauh.

-Kebiasaan Membaca

Membaca buku, koran, majalah, tabloid, katalog, dll dalam posisi duduk dengan pencahayaan yang cukup terang dari arah belakang atau samping dan jarak baca 30cm sampai 40cm ke arah sedikit di bawah pandangan mata. Sering-sering istirahat mata dan melihat yang jauh-jauh. Kebiasaan membaca dan melihat sesuatu secara salah bisa membuat mata anak menjadi rabun jauh maupun rabun dekat.

-Menjauhi Benda Tajam / Benda Tumpul Yang Mengancam Mata

Jauhi benda-benda tajam atau benda tumpul yang dapat mencolok mata anak. Sangat berbahaya bila anak memegang benda tajam atau benda yang dapat mencederai mata orang lain di sekitarnya. Larang anak jika bermain dengan benda-benda yang dapat membuat matanya sakit, iritasi, cedera, dsb. Jika orangtua memberikan benda tajam ke anak kecil sebaiknya berikan dengan arah yang tumpul menghadap ke anak terlebih dulu.

-Menjaga Kebersihan Mata

Biasakan kita maupun anak kita untuk mencuci tangan dengan sabun dengan baik dan benar sebelum memegang mata, menggaruk atau pun mengucek-ucek mata dan sekitarnya. Larang anak untuk mengucek atau menggosok mata, apalagi dengan kencang dan keras saat ada benda masuk ke dalam matanya. Sebaiknya biarkan mekanisme kedipan mata yang mengeluarkan benda asing sendiri, dibantu orangtua mengambilkan benda asing, atau dibantu air dalam baskom dalam mengeluarkan benda kecil yang masuk ke mata.

-Melakukan olahraga mata

Caranya adalah dengan memutar bola mata dalam hitungan 2 kali delapan secara bergantian arah. Cara ini mampu untuk membantu menyegarkan mata yang lelah. Ajarkan cara ini pada anak anda agar anak dapat melakukannya ketika dia merasa lelah pada mata.

Ajaklah untuk satu hari dalam satu minggu untuk mengistirahatkan mata dari aktivitas berat seperti menulis membaca terlalu lama, dan menonton televisi atau bermain komputer. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak terbebas dari radiasi layar televisi dan beban berat akibat terlalu sering memfokuskan mata ke pada satu titik obyek saja.

Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung karotenoid yang berguna untuk menjaga kesehatan mata pada anak agar anak terhindar dari penyakit katarak dan kelainan mata lainnya. Sayuran yang mengandung karotenois antara lain bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya yang juga mengandung banyak zat besi.

Kelainan atau Gangguan Pada Mata

Nah, jika anda tidak memperhatikan kesehatan mata pada anak sejak dini maka kemungkinan besar mata anak anda akan mengalami beberapa kelainan atau gangguan pada mata seperti :

1) Rabun Jauh (Miopi)
Miopi disebabkan jarak titik api lensa mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Titik api adalah pusat pertemuan sinar yang sudah dipecah oleh lensa. Jadi, sinar yang masuk jatuh di depan retina sehingga mata tidak dapat melihat benda jauh. Untuk menolong penderita miopi (rabun jauh) harus menggunakan kacamata dengan lensa cekung (negatif). Lensa cekung ini akan menempatkan bayangan tepat pada retina.

2) Rabun Dekat (Hipermetropi)
Rabun dekat disebabkan lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang dekat. Jadi, penderita hipermetropi harus menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung, sinar yang jatuh di belakang retina akan dikembalikan tepat pada retina.

3) Presbiopia (Mata Tua)
Presbiopi adalah kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia sehingga daya akomodasi matanya berkurang. Penderita ini tidak dapat melihat benda dekat dan tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Penderita ini harus menggunakan kacamata berlensa cekung dan cembung sekaligus.

4) Astigmatisma
Astigmatisma adalah kelainan mata yang dise bab kan kelengkungan kornea matanya yang tidak berbentuk bola sehingga sinar-sinar yang masuk tidak terpusat sempurna. Akibatnya, benda yang dilihat ada bayangannya. Penderita ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa silindris.

5) Buta Warna
Buta warna terjadi ketika ada masalah dengan butiran sensor-warna (pigmen) dalam sel-sel saraf tertentu dari mata. Buta warna sama sekali bukanlah bentuk kebutaan, tetapi kekurangan dalam cara Anda melihat warna dan kesulitan dalam membedakan warna tertentu, seperti biru dan kuning atau merah dan hijau. Buta warna dapat menurun dan laki-laki lebih sering terkena kasus buta warna daripada perempuan. Buta warna karena keturunan tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dibantu dengan memakai kacamata lensa warna, untuk membantu membedakan warna lebih dengan mudah. Atau dengan kacamata dengan lensa yang dapat mengurangi cahaya, karena jika terlalu terang atau silau penderita buta warna lebih sulit membedakan warna.

6) Pinguecula
Pinguecula adalah salah satu degenerasi konjungtiva mata (membran mukosa tipis yang membatasi dalam dari kelopak mata dan melipat ke belakang membungkus permukaan depan dari bola mata) yang umum terjadi. Pinguecula merupakan pertumbuhan jaringan tipis (selaput) non-kanker di konjungtiva dan tidak berbahaya. Pinguecula terlihat seperti benjolan kecil di ujung bola mata dekat dengan kornea dan berwarna kekuningan. Penyebab pastinya belum diketahui, namun penyebab paling umum terjadi adalah karena paparan sinar matahari dan iritasi mata. Pinguecula tidak memerlukan pengobatan, misalnya dengan tindakan operasi atau tindakan medis lainnya. Hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari pinguecula adalah dengan menjaga mata tetap basah, menghindari paparan langsung ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam, hindari iritasi mata. Hubungi dokter jika pinguecula berubah ukuran, berubah warna dan berubah bentuk.

7) Kebutaan
Kebutaan adalah kondisi dimana kurangnya persepsi visual karena faktor fisiologis (fisik) dan neurologi (syaraf), yang merujuk kepada hilangnya penglihatan yang tidak dapat dikoreksi/diobati dengan kacamata atau lensa kontak. Kebutaan terbagi menjadi dua, parsial dan lengkap. Kebutaan parsial berarti memiliki visi/pandangan yang sangat terbatas. Kebutaan lengkap berarti tidak dapat melihat apa-apa dan tidak bisa melihat cahaya.

8) Pterygium
Pterygium adalah salah satu penyakit mata yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan selaput tipis di konjungtiva yang menutupi bagian putih dari mata dan meluas ke kornea. Pterygium hampir mirip dengan pinguecula. Hanya saja pterygium berbentuk segitiga dan puncaknya terletak di kornea. Penyebab pterygium juga belum diketahui secara pasti. Namun pterygium lebih sering terjadi pada orang yang sering terpapar sinar UV, angin, berdebu dan orang-orang yang bekerja diluar rumah. Para petani dan nelayan serta orang-orang yang tinggal di dekat garis khatulistiwa lebih banyak terkena pterygium. Pterygium adalah pertumbuhan jaringan non-kanker, namun jika pertumbuhannya cepat dan meluas ke kornea, maka penglihatan penderita pterygium akan menjadi kabur dan silau.

9) Katarak
Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat hidarasi (penambahan cairan) lensa, denaturasi protein lensa. Biasanya kekeruhan mengenai kedua mata dan berjalan progressif ataupun dapat tidak mengalami perubahan dalam waktu yang lama. Katarak umumnya merupakan penyakit pada usia lanjut, akan tetapi dapat juga akibat kelainan congenital, atau penyulit penyakit mata local menahun.

Maka dari itu, jaga asupan makan yang seimbang 4 sehat 5 sempurna. Sayur-sayuran dan vitamin membantu mata menjaga kesehatannya. Jangan sering makan fast food, konsumsi banyak gula, kurang sinar matahari, terlalu banyak nonton televisi atau di depan layar komputer, beri jarak yang nyaman untuk mata anda. Untuk itu tunggu apa lagi jagalah mata anak kita karena memang penting perawatan mata sejak dini. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus udpdate setiap harinya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *