Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan

Menjaga kesehatan mata dengan buah-buahan yang memang dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan mata.

menjaga kesehatan mata dengan buah buahanSelamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang kesehatan yang akan mengutip seputar Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan. Artikel sederhana ini cocok untuk anda yang memang memiliki gangguan pada mata seperti mata minus, katarak dan sebagainya yang ingin mengatasi dengan cara alami maka disini tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Buah-buahan memang dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh terutama mata, itulah sebabnya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sebagai pelengkap makanan kita setiap hari agar tubuh kita tetap bugar dan mata tetap sehat. Untuk itu simak sampai tuntas ulasan berikut!.

Sekilas Seputar Kesehatan Pada Mata

Mata merupakan organ tubuh yang penting, yang merupakan bagian dari ke 5 panca Indra manusia. Untuk bisa berfungsi dengan maksimal, mata benar-benar membutuhkan nutrisi yang cukup, dan nutrisi tersebut tentunya didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Apabila nutrisi berkekurangan, maka organ mata Anda dapat mengalami banyak penyakit umum yang sering diderita, penglihatan juga terancam. Berbagai gangguan tersebut mulai dari mata minus, mata kabur, dan mata katarak – Yang bisa disebabkan karena degenerasi makula.

Hal ini tentu saja benar-benar mengganggu, aktivitas keseharian Anda juga sudah pasti akan ikut terganggu. Jangankan mata, telinga mengalami gangguan saja sudah aktivitas terganggu. Apalagi aktivitas sehari-hari sudah pasti 99% mengandalkan mata, kecuali istirahat atau tidur. Oleh karena itu, mata harus benar-benar dijaga kesehatannya, Anda sebaiknya mengkonsumsi aneka makanan yang memiliki kandungan senyawa penting untuk kesehatan mata Anda setiap hari, ini merupakan solusi paling baik, dengan tujuan untuk menghindari beragam kondisi gangguan kesehatan pada organ mata Anda. Juga supaya kesehatan mata selalu terjaga hingga usia tua nanti.

Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi.

Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata anda. Seperti miopi yang banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. Untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang benar. Berikut ini tips mudah menjaga kesehatan mata anda :

  • Perhatikan Jarak Membaca Buku – Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
  • Jangan Sambil Tiduran – Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.
  • Pencahayaan Yang Cukup – Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.
  • Istirahatkan Mata – Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.
  • Jangan Kucek Mata – Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan

Berikut ini adalah beberapa buah-buahan untuk kesehatan mata yang mungkin dapat kita gunakan untuk mencegah adanya gangguan pada mata kita.

-Buah alpukat

Buah alpukat adalah buah-buahan untuk kesehatan mata yang sangat ampuh dalam mencegah berbagai macam gangguan pada mata, sebab sudah kita ketahui bahwa buah alpukat banyak mengandung  vitamin A, vitamin B1 , dan vitamin C . semua kandungan tersebut  mampu mengobati gangguan pada mata berupa mata kering , biasanya ini terjadi karena kita terlalu lama berada di ruang ber-AC  , Selain itu buah alpukat mengobati cacat pada syaraf mata.

-Jeruk nipis

Rasanya  memang agak kecut  . Apapun itu rasanya jeruk nipis , ternyata  jeruk nipis banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah menghaluskan pori-pori wajah, mengobati jerawat , dan menghaluskan kulit . Kandungan utamanya yang terdapat di dalam buah jeruk nipis adalah vitami B2 dan vitamin C , serta kaya akan antioksidan.  Sedangkan manfaat untuk kesehatan mata adalah  buah jeruk nipis ini mampu  mengobati mata kabur  serta  merileks kan , mata yang tegang.  dari khasiatnya itulah maka sangat wajar jika buah jeruk nipis ini dimasukkan ke dalam buah-buahan untuk kesehatan mata.

-Pepaya  

Di negri kita ini buah pepaya sangat melimpah, hampir di setiap daerah manapun di pelosok negri ini banyak ditemukan buah pepaya.  Manfaat yang paling utama dari buah pepaya ini adalah untuk kesehatan pencernaan dan untuk kesehatan  mata. sebab buah pepaya banyak sekali mengandung vitamin – A , yang mana  vitamin A ini sangat diperlukan untuk kesehatan mata.

-Stroberi

Buah yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata kita loh. Jadi di dalam buah stroberi terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk memperkuat jaringan ikat dan memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata. Ditambah lagi vitamin C juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu mengurangi terjadinya infeksi pada mata.

-Buah Naga 

Buah dengan warna dan bentuk yang eksotis ini termasuk dalam keluarga kaktus, sangat kaya akan vitamin C yang membantu memeilhara dan  melindungi kornea mata kita.

-Rambutan 

Kandungan vitamin C dan bioflavonoids pada rambutan yang merupakan pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua nutrisi ini saling melengkapi mengurangi resiko gangguan penglihatan karena faktor usia dengan melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak dan degenerasi makula.

-Srikaya

Buah yang memiliki kulit berwarna hijau dengan tekstur bergelombang ini mengandung vitamin B dan C selain itu srikaya juga mengandung potassium. Riset menunjukan bahwa makanan yang kaya akan potassium mampu mengurangi kandungan air yang berlebihan di bawah kulit penyebab mata bengkak.

-Manggis

Kandungan nutrisi pada buah manggis cukup banyak salah satunya adalah Vitamin B kompleks. Menurut hasil studi kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis dapat mengurangi resiko penyakit degenerasi macula pada waniita. Degenerasi macula adalah kerusakan pada bagian retina yang dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan tengah.

Buah yang satu ini ternyata juga mengandung vitamin A loh. Semua pasti udah tau kan klo vitamin A itu baik untuk kesehatan mata. Jadi si mangga ini juga bisa jadi alternatif buat kalian yang ingin menjaga kesehatan mata tapi tidak mau mengkonsumsi wortel. Ditambah lagi berbagai jenis buah mempunyai komponen zat warna yang disebut beta karoten. Beta karoten dalam mangga yang akan mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A nantinya, sehingga baik untuk mata.

-Nangka

Buah yang dibalut dengan kulitnya yang kasar ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Beberapa studi menyarankan diet dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C akan mengurangi resiko katarak dan degenerasi macula.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan, jika anda ingin menjaga kesehatan mata anda bisa mengikuti tips yang kami informasikan diatas tadi. Semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya . Baca juga artikel kami lainnya : Buah Anggur Untuk Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata Dengan Buah-Buahan

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *