Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer mesti diketahui bagi yang bekerja didepan komputer karena bisa mengakibatkan kurangnya kesehatan mata.

Selamat datang di obatkhususmata.com website resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Yang dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kesehatan seputar mata seperti “menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer”.

Menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer | Terlalu lama di depan komputer memang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Dampak negatif tersebut diantaranya seperti lelahnya kinerja mata akibat terlalu sering menatap layar serta penambahan berat badan yang mengakibatkan perut buncit dikarenakan minimnya aktivitas fisik.

Tips Untuk Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputerSaat ini penggunaan komputer Laptop dan Table sudah menjadi primer bagi setiap perusahaan dan para penulis jurnal alasannya apa saja yang berhubungan dengan artikel data selalu dituliskan dan disimpan arsipnya di memori komputer yang kita pakai . Oleh karena ini adalah merupakan keseharian yang tidak dilepas sementara kita sudah ketahui bahwa penyebab gangguan mata kebanyakan dari pengguna komputer maka butuh trik khusus untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga : Jenis Penyakit Mata Dan Penyebabnya

Nah untuk itu , berada di depan monitor layar alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghindari efek tersebut. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko dari efek tersebut. Untuk sekedar memberikan informasi, di bawah ini terdapat beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer :

Memperbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada umumnya daging, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

Menggunakan Pelindung Layar

Pelindung layar untuk sebuah komputer sangat penting untuk melindungi mata dari pancaran langsung sinar. Untuk itu mempertimbangkan penggunaan pelindung layar merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kaca mata pelindung mata saat di depan komputer.

Tempatkan Komputer Di Ruangan Cukup akan Cahaya

Menempatkan komputer di ruangan cukup cahaya menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dihasilkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata. Untuk itu gunakan juga kacamata pelindung atau pelindung layar.

Atur kecerahan layar monitor

Sinar pada layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh karena itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor tersebut. Jika anda memandang layar tersebut selama berjam-jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal. Anda harus menyeimbangkan cahaya pada layar monitor Anda agar seimbang dengan cahaya lampu dan tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar ruangan Anda. biasanya kalo di lapto dan komputer ada tombol ber-icon lampu atau cahaya nah klik Fn dan icon cahaya secara bersamaan ( Fn + icon cahaya )

Bekerjalan dengan font yang cukup besar

Bila anda mengedit tulisan di depan komputer, gunakan huruf yang besar, idealnya adalah fontĀ  12 Jangan memaksa mata untuk membaca huruf yang lebih kecil pada monitor. Bila telah selesai mengedit atau membaca , font bisa dikembalikan ke ukuran semula.

Aturlah posisi monitor dengan baik

Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata, juga menjaga agar bahu dan leher cukup aman bekerja.

Mengistirahatkan mata secara berkala

Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika Anda membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat.

Periksa kacamata atau lensa kontak

Jika pekerjaan anda mengharuskan untuk bekerja sepanjang hari di depan komputer, maka gunakanlah kacamata yang baik. Untuk mengoptimalkan penglihatan mata maka resep kacamata hanyalah 83%, sisanya memberikan otot mata untuk mengadakan perbaikan.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai menjaga kesehata mata bagi pengguna komputer yang bisa anda lakukan. Terlalu lama di depan komputer dan mendengarkan musik terlalu sering memiliki efek samping tersendiri. Adapun cara lainnya seperti melakukan pengecekan kesehatan mata secara berkala, atau juga mengatur jarak pandang pada layar komputer. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *