Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan

Buncis dipanen saat kacang di dalamnya memang belum matang. Inilah yang justru membuat manfaat buncis didukung oleh nutrisi yang lebih unggul dibandingkan sayur-sayuran berbiji lain, seperti okra ataupun kacang polong. Ini dia Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan.

Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan

Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan | Buncis dikenal sebagai sayur berbiji yang berbentuk menyerupai kacang panjang, namun dengan ukuran lebih pendek, warna lebih cerah, serta bentuknya yang lebih lebar. Selain dipasarkan mentah di pasar-pasar tradisional, buncis juga dapat dipasarkan dalam bentuk sudah dibekukan. Sayur ini juga biasa dipaketkan dalam keadaan beku bersama dengan sayur lain, seperti digabungkan dengan jagung, wortel, dan kacang polong. Sayuran yang ditanam dan dikonsumsi di seluruh dunia ini dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus, ataupun dikukus.

Manfaat buncis pertama-tama dapat dicermati dari kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Buncis mengandung 31 kcal energi, 2,7 gram serat, 0,22 gram lemak, 6,97 gram karbohidrat, 1,83 gram protein. Di samping itu, sayuran ini mengandung vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2). Kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam sayuran segar, seperti pada kandungan buncis ini, tidak tergantikan oleh suplemen vitamin. Berikut manfaat buncis terhadap kesehatan :

  • Mengontrol Kadar Glukosa Dalam Tubuh

Buncis yang direbus dengan benar dapat memudahkan protein yang terkandung dalam buncis terserap sempurna di dalam tubuh. Buncis memiliki kandungan protein yang tidak jauh beda dengan kandungan protein yang terdapat dalam telur. Sehingga apabila seluruh protein yang terkandung dalam buncis dapat terserap oleh tubuh, dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memenuhi kadar protein yang diperlukan oleh tubuh, protein ini juga mampu mengontrol kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit gula atau diabetes.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Buncis merupakan sayuran jenis polong polongan yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat yang terkandung dalam buncis, terlebih pada buncis yang direbus dapat membantu kerja jantung agar tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah terkena serangan jantung. Dengan mengkonsumsi buncis rebus 4 kali dalam seminggu, kesehatan jantung dapat terjaga. Selain itu, buncis memiliki kandungan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan sangat berguna untuk mengatasi masalah gangguan jantung bagi penderitanya.

  • Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Karena berasal dari jenis polong polongan, maka buncis memang mengandung kandungan serat yang tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa serat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menjaga nutrisi buncis dengan merebusnya dapat menjaga kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Dengan terjaganya kandungan mineral seperti mangan, kalium, zat besi dan megnesium dalam buncis, dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Menjaga nutrisi dalam buncis dengan menjaga kandungan mineralnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh lain agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  • Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Selain menjaga sistem pencernaan, kandungan serat yang terkandung dalam buncis rebus dapat membantu kerja ginjal dengan melarutkan batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal. Selain melarutka batu ginjal, mengkonsumsi buncis rebus dapat digunakan untuk pencegahan terjadinya pembentukan batu ginjal.

Baca Juga : Obat Kanker Usus Besar

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buncis rebus dengan kandungannya yang terjaga dengan baik mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B1, B6 dan vitamin C. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam buncis rebus tersebut membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan dengan vitamin yang cukup, tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta mampu menjaga dirinya agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

  • Meremajakan Kulit

Memiliki kulit yang terlihat muda dan sehat merupakan idaman bagi semua orang terlebih wanita. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buncis rebus, penuaan dini dapat dicegah. Hal ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari luar dan membantu peremajaan kulit sehingga kulit menjadi awet muda.

  • Memiliki Kandungan Rendah Kalori

Buncis rebus memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk menjaga berat badan bahkan dapat menurunkan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, dapat membantu tubuh untuk meminimalisir terserang berbagai jenis penyakit.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Mata Dengan Sayur Brokoli

Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *