Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Beberapa Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan mata yang lebih jernih dan sehat konsumsi Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata secara umum.

Selamat datang di http://obatkhususmata.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi green world pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan tentang Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata. Nah untuk menjaga kesehatan mata, anda perlu untuk melakukan perawatan mata. Untuk merawat mata yang kami rekomendasikan dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata.

Mata merupakan aset yang sangat penting karena dengan mata, anda dapat melihat berbagai hal yang indah. Bisa anda bayangkan jika mata anda sakit, tentu saja itu akan mempersulit raung gerak anda. Nah untuk menjaga kesehatan mata, anda perlu untuk melakukan perawatan mata. Untuk merawat mata dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Dalam tulisan ini, akan diberikan 5 makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Informasi Menarik Seputar Mata

Makanan terbaik untuk kesehatan mata-, Sebelum membahas lebih lanjut mengenai makanan terbaik untuk kesehatan mata, ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai informasi seputar Mata.

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual. Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan ke semua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau ketiadaan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melihat. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tepat di belakangnya terdapat pupil, fungsi dari pupil sendiri adalah untuk mengatur insensitas cahaya yang masuk ke mata.

makanan terbaik untuk kesehatan mataSelain pupil ada juga bagian mata yang disebut selaput pelangi, fungsinya adalah memberi warna pada mata, selaput pelangi juga dapat mengubah ukuran pupil secara otomatis sesuai kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya. Misalnya ketika berada di tempat gelap pupil akan membesar untuk memasukkan cahaya sebanyak mungkin. Ketika kekuatan cahaya bertambah, pupil akan mengecil untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata. Hal yang mempengaruhi perbesaran pupil itu adalah selaput pelangi. Sistem pengaturan otomatis yang bekerja pada mata bekerja sebagaimana berikut.

Beberapa masalah mata yang sering menyerang yaitu penglihatan kabur, mata perih, mata merah ataupun alergi pada mata. Biasanya seseorang yang mengalami alergi pada mata akan menyebabkan kondisi seperti sindrom mata kering ataupun konjungtivitis. Akan tetapi, jika kondisi mata sudah terlanjur parah, ini juga akan menyebabkan masalah, seperti katarak, degenerasi makula hingga kebutaan. Pastinya setiap orang tidak ingin mengalami hal seperti itu, nah untuk mencegah hal tersebut berikut adalah beberapa jenis makanan baik untuk kesehatan mata.

Jenis-jenis Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Makanan terbaik untuk kesehatan mata-, Makanan berikut ini tidak hanya membantu mata terlihat cerah, namun terbukti mampu mencegah berbagai penyakit seperti katarak, degenerasi makular, dan keluhan mata lainnya.

1. Telur

Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.

2. Bayam

Sama halnya seperti telur, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.

4. Salmon

Ikan yang satu ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering. 

5. Biji bunga matahari

Kandungan selenium, vitamin E, dan zinc-nya mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Ia juga mengandung vitamin B2 untuk mengatasi penyakit photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya).   

6. Wortel

Semua tentu tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

7. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

8. Tomat

Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

9. Kol

Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.

10. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Ia mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan.

11.Brokoli

Brokoli juga dikenal dengan kol. Sayuran ini mempunyai kandungan yang sama dengan bayam. Dengan kandungan yang ada dalam brokoli, tentunya mata Anda akan selalu terjaga dengan baik. Ada yang mengatakan bahwa makan brokoli dan bayam setiap harinya akan menghindarkan diri dari penyakit katarak.

Selain dengan makanan, ada beberapa tips untuk cara merawat kesehatan mata anda. Untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga dan merawat kesehatan mata yang benar. Berikut ini 7 tips mudah menjaga dan merawat kesehatan mata anda :

  • Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

  • Istirahatkan Mata

Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.

  • Jangan Kucek Mata

Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

  • Kedipkan Mata

Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

  • Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

  • Perhatikan jarak membaca buku

Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

  • Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

  • Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata. Supaya mata tetap sehat dan normal, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang baik dan menyehatkan setiap harinya. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat, tentunya anda dapat menjaga kesehatan diri anda. Agar mata anda tetap sehat anda dapat menambah asupan makanan dengan suplemen vitamin A.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *