Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Manfaat dan Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata berfungsi untuk mencegah terjadinya rabun senja pada mata dan mengurangi gangguan penglihatan.

Selamat datang di http://obatkhususmata.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi green world , pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik tentang kesehatan yang akan mengutip seputar Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata. Sebelum kita membahas tentang segudang khasiat wortel untuk kesehatan, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu wortel ?

Informasi Menarik Seputar Wortel

Khasiat wortel untuk kesehatan mata -, Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

khasiat wortel untuk kesehatan mataManfaat wortel bagi kesehatan tentu banyak, sebab sayuran umbi yang berwarna orange ini mengandung banyak nutrisi penting, beta-karoten, vitamin A, mineral dan anti-oksidan lain dalam jumlah yang cukup tinggi. Wortel dengan rasanya yang manis, lezat dan renyah, cukup pantas untuk ditambahkan kedalam menu diet kita.
Advertisement

Wortel yang umbinya sering kita manfaatkan ini berasal dari keluarga tanaman Apiaceae atau umbelliferous , dikenal dengan nama ilmiah Daucus carota. Para anggota keluarga Apiaceae yang dekat dengan wortel diantaranya adalah peterseli, jinten, dll.

Tanaman wortel telah dibudidayakan di seluruh dunia, untuk diambil akar tunggang nya. Tanaman ini adalah tanaman dua tahunan, dan akan berbunga selama tahun kedua dalam kehidupannya. Namun, secara umum seluruh tanaman wortel dipanen sebelum mencapai 2 tahun waktu hidupnya, ketika akar telah mencapai diameter sekitar satu inci .

Wortel sangat bervariasi dalam bentuk dan warnanya, tergantung pada jenis varietasnya. Pada Umumnya, akar tunggang panjang, ujung atas rata dengan meruncing, dan ujung bawah seperti ekor. Wortel adalah tanaman musim dingin di banyak bagian di negara-negara Asia. Wortel Eropa, lebih bulat dengan ujung hampir silindris. Selain itu, wortel Eropa terdiri dari berbagai warna, yaitu oranye terang kontras .

Kandungan gizi pada wortel

Wortel terutama kaya akan anti-oksidan, vitamin dan serat, dan hanya mengandung 41 kalori per 100 g. Jadi wortel rendah lemak dan kolesterol.

-Sumber Beta karoten dan vitamin A

Wortel Sumber banyak mengandung beta-karoten dan vitamin-A. 100 g wortel segar mengandung 8285 mg IU beta-karoten dan vitamin A. Sebanya 16.706 Studi yang telah dilakukan, telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel akan membantu melindungi tubuh dari kanker rongga kulit, paru-paru dan mulut. Beta-karoten adalah karoten utama yang terkandung dalam umbi wortel. Beta karoten adalah salah satu anti-oksidan alami yang kuat, yang akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, wortel juga memiliki semua fungsi dari vitamin A, seperti penglihatan, reproduksi pria, pemeliharaan epitel, pertumbuhan dan perkembangan.

-Kaya akan Antioksidan

Wortel kaya antioksidan dari poli-acetylene falcarinol. Studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Newcastle pada hewan laboratorium, telah menemukan bahwa falcarinol dalam wortel dapat membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pembentukan kanker di tumor.

-Sumber vitamin C yang baik

Wortel juga merupakan sumber yang baik akan vitamin C, menyediakan sekitar 9% (RDA). Vitamin C pada wortel adalah antioksidan larut dalam air . Ini akan membantu tubuh untuk mempertahankan jaringan ikat yang sehat, gigi dan gusi. Anti-oksidan yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker dengan menangkal radikal bebas berbahaya.

-Kaya akan vitamin B Kompleks

Umbi wortel juga sangat kaya vitamin B-kompleks , seperti asam folat, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang berguna sebagai co-faktor untuk enzim selama tubuh melakukan metabolisme substrat.

-Mengandung mineral penting

Mineral penting pada wortel seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang berguna untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan cara melawan efek natrium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

Berikut Ini Khasiat dan Nutrisi Dalam Wortel Untuk Kesehatan Mata

Carrot juiceKandungan dalam wortel tidak diragukan lagi. Banyak nutrisi yang sangat bermanfaat dalam setiap buahnya. Komplektisitas yang dimiliki cocok sebagai minuman, makanan cemilan (beberapa orang suka memakan wortel mentah secara langsung) dan sayuran.

Kandungan nutrisinya yang kaya akan kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu juga juga ada mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi. Makanan ini disebut juga sumber vitamin A. Pasalnya jumlah kandunagan sebesar 12.000 SI. Dibawah ini beberapa khasiat wortel untuk kesehatan mata :

~Mengurangi Resiko Rabun Senja

Manfaat wortel untuk mata yang paling umum adalah untuk mengatasi rabun senja. Penyakit yang paling sering terjadi pada orang tua, yakni mengalami rabun di waktu senja. Sebab cahaya kala itu mengurangi ketajaman mata untuk melihat ke luar. Salah satu solusinya adalah dengan zat yang banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Jangan lupa juga beta karoten yang membantu memperbaiki penglihatan semakin lemah. Semua kandungan tersebut ada pada wortel.

Wortel sudah dikenal semenjak dahulu kala sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Tidak heran banyak orang tua yang mempercayakan pada sayuran ini jika tidak ingin anaknya terkena rabun mata.

~Menjaga Mata Dari Berbagai Penyakit

Salah satu organ yang cukup riskan, sehingga perlu dijaga dan dirawat. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata. Kandungan ini juga mampu mencegah terjadinya pembengkakan sel disekitar areal mata. Ada banyak penyakit mata yang dapat di cegah dengan konsumsi wortel secara teratur, berikut beberapa di antaranya :

-Katarak
-Glaukoma
-Rabun mata

Nah itulah kutipan yang mengenai khasiat wortel untuk kesehatan mata. Manfaat wortel ini memang cukup tinggi, namun untuk kesehatan juga tidak kalah banyaknya. Bagi anda yang merasa tidak menyukai, apalagi seorang wanita, untuk mencoba mulai menyukainya. Sebab zat ini kandunganya sangat vital untuk tubuh anda.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *