Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Siapa sangka biji bunga matahari baik untuk kesehatan mata? Berikut lebih jelasnya khasiat biji bunga matahari untuk mata katarak!.

Khasiat biji bunga matahari untuk mata katarak -, Selamat datang di http://obatkhususmata.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dapat memberikan informasi pengobatan khusus mata yang paling manjur dan aman. Namun untuk saat ini, kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi “khasiat biji bunga matahari untuk mata katarak”.

Sekilas Mengenai Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

khasiat biji bunga matahari untuk mata katarakMungkin saat ini kita jarang mengkonsumsi biji bunga matahari, karena memang makanan ini merupakan jenis makanan yang kurang umum dikonsumsi. Meski sangat jarang, akan tetapi pada umumnya biji bunga matahari atau yang juga dikenal dengan nama kuaci lebih sering dikonsumsi sebagai snack atau makanan ringan. Meski jarang kita konsumsi, perlu kita ingat bahwa makanan ini merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi bunga matahari, kita dapat terhindar dari beberapa penyakit. Yang salah satunya untuk mengobati mata katarak.

Katarak merupakan kondisi yang sering dialami oleh lansia. Katarak dapat menyebabkan kebutaan atau cacat penglihatan secara permanen. Penyakit ini disebabkan akibat lensa mata mengalami kekeruhan. Lensa mata terletak di bagian belakang iris dan pupil mata yang memiliki fungsi sangat penting. Jika lensa mata mengalami kekeruhan maka pandangan mata memang tidak bisa terpantul dengan baik. Penyakit ini sering menyerang orang yang sudah berusia 40 tahun lanjut. Tak heran jika penderita merasa ketakutan jika katarak yang dideritanya tak kunjung sembuh karena dapat menyebabkan kebutaan permanen, ketika awal katarak terjadi lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan biasanya tidak dirasakan oleh penderita. Ketika menerima cahaya mata akan menerima sinar yang terlihat lebih terang dari cahaya tersebut. Tapi tahukah anda bahwa biji bunga matahari sangat berkhasiat untuk penderita katarak ?

Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Biji Bunga Matahari atau yang biasa disebut kuaci ternyata sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi biji bunga matahari ternyata sangat bermanfaat untuk cara mengobati katarak. Camilan ini mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk menyembuhkan katarak pada tahap awal. Biji bunga matahari merupakan makanan yang mengandung vitamin E yang bisa menjadi sumber antioksidan. Bahan vitamin E penting untuk melindungi kesehatan mata akibat kerusakan dari radikal bebas. Bahkan vitamin E juga penting untuk memberikan perlindungan untuk kulit.

Yang membuat biji bunga matahari dipercaya sebagai makanan sehat untuk mata adalah karena mengandung selenium zinc dan vitamin E. Kedua kandungan ini dapat mencegah katarak dan kelainan mata lainnya akibat faktor penuaan

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang mana berfungsi untuk mengurangi mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya atau yang biasa disebut photopobia.

Biji bunga matahari memiliki panjang sekitar 6mm hingga 10 mm dan memiliki bentuk kerucut dengan permukaan halus. Warna bagian luarnya hitam mantel dengan biji tunggal yang berwarna abu-abu putih. Setiap kepala bunga matahari berisi ratusan biji yang mengandung minyak nabati.

Biji bunga matahari atau kita sering menyebutnya sebagai kuaci merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Ia memiliki tekstur yang lembut dan sangat kaya akan nutrisi. Selain itu, camilan ini juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau tentunya. Selain dimakan sebagai makanan ringan yang populer, biji bunga matahari juga digunakan untuk berbagai macam resep masakan.

Biji bunga ini dihasilkan oleh tanaman herbal tahunan yang termasuk dalam keluarga Asteraceae, dan dalam genus Helianthus. Nama botaninya adalah Helianthus annuus. Tanaman ini adalah tanaman asli Amerika Tengah. Dan saat ini banyak sekali negara-negara yang menjadi produsen dari tanaman ini seperti negara Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Argentina.

Biji bunga matahari memiliki panjang sekitar 6 mm sampai 10 mm dan memiliki bentuk kerucut dengan permukaan halus. Warna bagian luarnya hitam mantel dengan biji tunggal yang berwarna abu-abu putih. Setiap kepala bunga matahari dapat berisi ratusan biji yang mengandung minyak nabati.

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Lainnya

Manfaat biji bunga matahari ternyata sangat banyak loh, setidaknya dari dahsyatnya kandungan gizi biji bunga matahari atau yang dikenal dengan kuaci ini, kita sudah bisa menerka. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Anti-inflamasi

Biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E, yaitu antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E diserap tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis. Vitamin E juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, membantu mengurangi keparahan dan frekuensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause, serta membantu mengurangi komplikasi diabetes.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Vitamin E dalam biji bunga matahari juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam partikel kolesterol yang dapat membantu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke.

Vitamin E secara signifikan dapat mengurangi risiko mengembangkan atherosclerosis. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup berada pada risiko yang lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki asupan vitamin E yang tidak memadai.

3. Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan kanker tertentu.

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.

4. Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah

Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga sangat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), migrain, kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita. Beberapa diantaranya membantu memberikan struktur fisik tulang, dan sisanya dapat ditemukan dan disimpan pada permukaan tulang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan tubuh.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat biji bunga matahari untuk mata katarak, semoga artikel sederhana yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga artikel lainnya : Kenali Penyebab Mata Bengkak Serta Solusinya

Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *