Kenali Penyebab Mata Bengkak Serta Solusinya

Mata bengkak identik dengan kurang tidur, padahal belum tentu demikian. Untuk itu kenali penyebab mata bengkak serta solusinya.

Selamat datang di http://obatkhususmata.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi kenali penyebab mata bengkak serta solusinya.

kenali penyebab mata bengkak serta solusinyaKetika seseorang mengalami mata bengkak, itu akan membuatnya tidak nyaman, baik secara fisik maupun psikis. Memang mata bengkak ada yang sakit dan ada yang tidak, namun sudah pasti ini dapat merusak penampilan sehingga banyak yang izin tidak bekerja atau sekolah karena masalah yang satu ini. Mengetahui penyebab mata bengkak amatlah penting agar kita dapat dengan mudah mengobatinya dan mencegahnya sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Mungkin ada yang matanya bengkak setelah menangis, terkena debu, terkena pukul, atau tidak tahu dengan pasti kenapa tiba-tiba bengkak.

Yang kami maksud mata bengkak disini adalah karena bengkaknya kelopak mata, hal ini dapat terjadi ketika ada peradangan atau kelebihan cairan (edema) pada jaringan ikat di sekitar mata. Mata bengkak bisa menyakitkan dan tidak menyakitkan, dan mempengaruhi baik kelopak mata atas maupun bawah. Pembengkakan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti setelah menagis atau alergi, tetapi juga bisa menjadi tanda suatu masalah kesehatan yang berpotensi mengancam penglihatan yang lebih serius, seperti selulitis orbital , penyakit Graves dan herpes okular.

Berikut inilah beberapa penyebab mata bengkak

  • Posisi Tidur

Tahukah kamu bahwa tidur dengan posisi kepala datar akan membuat matamu terlihat bengkak di pagi hari? Ini karena cairan di dalam tubuhmu berkumpul di daerah sekitar mata sehingga kantung matamu terlihat membesar.

Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan 2 buah bantal saat tidur agar posisi kepalamu lebih tinggi daripada badan. Kamu juga bisa memijat lembut daerah sekitar matamu sebelum tidur. Gunakan pula eyecream dengan aplikator berbentuk rollerball agar peredaran darah lebih lancar.

  • Pola Makan

Konsumsi alkohol dan makanan tinggi garam ternyata juga dapat membuat mata terlihat bengkak sepanjang hari. Hal ini dikarenakan cairan yang dikonsumsi tubuh akan berkumpul di sekitar daerah matamu.

Selain membatasi konsumsi alkohol dan makanan tinggi garam, perbanyak konsumsi makanan yang dapat mencegah pembengkakan seperti buah-buahan, sayur, ikan salmon, dan minum banyak air putih. Dengan memperhatikan pola makan, kamu akan membuat perubahan yang cukup berarti pada mata bengkakmu, lho.

  • Sengatan Serangga

Meskipun jarang, sengatan atau gigitan serangga dapat menyebabkan syok anafilaktik. Beberapa sengatan jenis serangga yang memberikan efek tersebut adalah tawon dan lebah. Selain area mata, sengatan serangga juga bisa menyebabkan pembengkakan secara cepat pada area lainnya seperti daerah bibir dan lidah. Efek yang ditimbulkan berupa pusing, nyeri perut, mengi, sulit bernapas, bahkan pingsan.

  • Kista Meibomian atau Kalazion

Kalazion atau kista meibomian adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan di bagian kelopak mata. Hal ini membuat mata tampak bengkak. Munculnya benjolan tersebut umumnya disebabkan karena peradangan di dalam kelenjar kulit. Benjolan pada kelopak mata biasanya bertahan hingga beberapa hari atau bisa juga hitungan minggu. Selain menyebabkan mata bengkak, benjolan ini kadang-kadang menyebabkan kelopak mata terasa sakit saat disentuh dan terlihat kemerahan.

Kista meibomian disebabkan oleh kelenjar minyak di kelopak mata yang tersumbat. Ketika terjadi penyumbatan, kelenjar ini masih terus memproduksi minyak. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan sehingga terjadilah benjolan pada kelopak mata. Ketika pecah, minyak yang menumpuk tersebut akan mengalir menuju jaringan di kelopak mata, dan ini menyebabkan peradangan.

  • Reaksi Makeup

Makeup yang menempel terlalu lama pada wajah bahkan hingga semalaman dapat menyebabkan iritasi dan menjadi penyebab mata bengkak. Pastikan kamu tidak tidur sebelum membersihkan seluruh makeup dengan tuntas yang menempel pada wajah hingga daerah matamu.

Gunakan cleanser bebas pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit dan gentle cleanser untuk membersihkan makeup pada daerah mata, termasuk mascara. Pastikan kamu memilih cleanser dengan warna bening dan jangan menggosok atau mengucek mata terlalu keras saat membersihkan makeup.

  • Lensa Kontak

Lensa kontak dengan kualitas terbaik sekalipun memiliki kemungkinan untuk menyebabkan mata menjadi iritasi, bengkak, bahkan resiko terjadinya infeksi pada mata. Apalagi jika kamu memakai lensa kontak dalam waktu lama dan menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC yang dapat membuat matamu semakin kering.

Pastikan kamu memilih lensa kontak yang paling nyaman dan mengandung kadar air yang cukup. Bersihkan dan simpan secara teratur. Bawa selalu tetes mata untuk mencegah terjadinya iritasi dan mata kering saat menggunakan lensa kontak.

  • Dermatochalasis

Kelopak mata bengkak bisa berhubungan dengan usia. Hal ini khususnya terjadi saat kulit bagian atas kelopak mata mengalami penurunan (dermatochalasis) dan tidak kencang lagi. Penurunan kulit kelopak mata bagian atas bisa mengganggu penglihatan.

Bagian pinggir kelopak mata juga memungkinkan untuk mengalami penurunan, dan kondisi ini disebut ptosis. Ptosis juga dapat dihubungkan dengan usia seseorang, dan kondisi ini tidak terjadi langsung begitu saja. Walaupun jarang terjadi, ptosis dapat disebabkan oleh myasthenia gravis atau tumor otak. Gejala ini tidak datang dengan sendirinya, karena umumnya diiringi dengan beberapa gejala lain dari penyakit yang mendasarinya.

  • Alergi

Menyambung poin sebelumnya tentang alergi, mata bengkak bisa diartikan juga dengan bentuk reaksi alami tubuh terhadap alergi. Alergi juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada mata, biasanya ditandai dengan mata merah, gatal, dan mata berair.

Saat seseorang terserang alergi, sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi terhadap alergen dengan cara mengeluarkan histamin, di mana zat ini dianggap sebagai pemicu terjadinya mata bengkak.

Alergen merupakan pencetus alergi, bisa berupa benda atau unsur lainnya. Alergen yang mengakibatkan mata bengkak dapat berasal dari dalam ataupun luar rumah. Dari dalam rumah bisa datang dari bulu peliharaan seperti kucing, ataupun jamur-jamur kecil di dinding dalam rumah yang lembab. Sedangkan dari luar rumah bisa datang dari serbuk sari bunga.

  • Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab mata bengkak. Orang yang kurang tidur kemungkinan mempunyai kulit yang berkerut, tidak segar, dan memiliki lingkaran hitam di bawah mata.

Kortisol juga dilepaskan tubuh ketika seseorang kurang tidur atau kurang istirahat. Hormon stres ini diketahui dapat memecah kolagen sehingga kulit akan berkerut dan tidak kenyal lagi seiring berjalannya waktu. Kurang tidur juga bisa menyebabkan penurunan produksi hormon pertumbuhan sehingga akan mengurangi ketebalan kulit, kerapuhan tulang, dan berkurangnya massa otot.

  • Blefaritis

Penyebab mata bengkak lainnya adalah blefaritis. Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata, dan dapat terjadi dalam dua bentuk, yakni posterior dan anterior. Posterior adalah bentuk peradangan yang terjadi di tepi bagian dalam kelopak mata, sedangkan anterior terjadi di tepi bagian luarnya. Penyebab dari blefaritis luar dapat berupa bakteri. Sedangkan pada bagian dalam kelopak mata, umumnya terjadi karena gangguan kelenjar minyak.

Keduanya, selain menyebabkan mata bengkak, ternyata juga bisa membuat mata terasa gatal, perih, mata merah, dan terlalu peka saat melihat sinar. Blefaritis juga dapat membuat penglihatan kabur, kulit di dasar bulu mata mengelupas, dan mata kering.

Dikarenakan blefaritis jarang bisa pulih sepenuhnya, penting untuk diperhatikan agar selalu menjaga kebersihan kelopak mata. Apabila kondisi peradangan sudah sangat parah, umumnya obat tetes mata steroid atau antibiotik menjadi pilihan pengobatan.

Inilah solusi untuk cara mengatasi mata bengkak dengan cara yang alami

Mengalami mata bengkak merupakan suatu hal yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Mata bengkak biasanya disebabkan kelelahan, stres berlebihan, cemas, alergi hingga faktor genetik. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan cara-cara alami dan terbukti khasiatnya. Berikut ini, beberapa solusi cepat dalam mengobati mata bengkak, seperti dilansir dari Boldsky.

  • Mentimun

Sayuran segar ini mengandung vitamin c, asam caffeic, dan silika yang membantu dalam mengurangi mata bengkak. Anda hanya perlu mengiris sepotong mentimun, atau parut hingga halus dan letakkan pada mata Anda selama 10 menit.

  • Kentang

Iris kentang menjadi potongan-potongan yang tipis, lalu bekukan. Kemudian, letakkan irisan tersebut pada mata selama 15 menit, atau sampai suhu berubah normal. Ikuti trik ini 2-3 kali dalam sehari untuk menghindari mata bengkak.

  • Susu

Celupkan dua bola kapas dalam susu dingin dan sapukan pada mata Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi mata bengkak. Ulangi trik ini, setidaknya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

  • Kantong teh

Rendam beberapa kantong teh hijau dalam air dingin dan letakkan di mata Anda beberapa saat. Ini salah satu trik terbaik untuk menyingkirkan mata bengkak, karena kandungan kafein dan antioksidan dalam teh hijau dapat mengencangkan kulit dan mengurangi bengkak.

  • Putih telur

Anda dapat menerapkan putih telur pada kelopak mata dengan menggunakan kuas. Biarkan mengering dalam beberapa saat kemudian bilas wajah Anda.

  • Kedipkan mata

Untuk mengurangi mata bengkak Anda dapat mengedipkan mata selama 30 detik, setelah Anda bangun di pagi hari. Hal ini membantu untuk mengurangi bengkak dengan meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan partikel debu di mata.

  • Pecikan air es

Memercikan air es di wajah Anda selama beberapa kali dapat membantu untuk mengurangi bengkak pada mata Anda. Cobalah trik ini, terutama di pagi hari ketika Anda bangun dengan mata bengkak, karena dapat memberikan hasil yang efektif.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai kenali penyebab mata bengkak serta solusinya, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya, terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Penglihatan Mata Lansia

Kenali Penyebab Mata Bengkak Serta Solusinya

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *