Jenis Penyakit Mata Dan Penyebabnya

Kenali berbagai jenis penyakit mata dan penyebabnya guna untuk lebih waspada akan penyakit yang menyerang atau lebih menjaga kesehatan organ mata.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal http://obatkhususmata.com/ , yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan tentang “jenis penyakit mata dan penyebabnya”. Untuk anda yang sering mengabaikan kesehatan pada organ mata, sebaiknya anda simak terus artikel berikut ini!

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis penyakit mata dan penyebabnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu sedikit mengenai bagian-bagian mata beserta fungsinya.

Bagian-bagian Mata Serta Fungsinya

jenis penyakit mata dan penyebabnyaMata merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh manusia yang letaknya di bagian kepala manusia, Jika kita melihat bagian-bagian yang terdapat pada mata sangatlah Kompleks, yang mana dengan Berkembangnya teknologi yang sangat pesat maka manusia akan terus mengamati dan mempelajari lebih dalam mengenai pemahaman tentang mata ini.

Bila kita melihat struktur pada mata terdapat bagian-baian serta Fungsi masing-masing di antara bagian-bagian tersebut, yang mana bagian-bagian mata tersusun atas selaput-selaput yaitu selaput putih, selaput koroid atau hitam dan selaput jala atau retina. Tentu saja seperti yang kita ketahui bersama Mata sangatlah membantu manusia di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari hal ini karena mata di gunakan untuk melihat, di dalam mata terdapat pula bagian-bagian yang di antaranya memiliki fungsi tersendiri, bagian-bagian mata ini sangat membantu proses melihat, jika ada bagian-bagian ini salah satunya saja tidak dapat berfungsi maka manusia akan mengalami pengelihatan yang tidak jelas atau rabun dan bahkan ada yang mengalami kebutaan, Lalu apa sajakah bagian-bagian yang sangat penting itu? berikut penjelasannya :

A. Selaput putih (Sklera)

Selaput putih (Sklera) Merupakan bagian luar dari bola mata manusia yang mana terusun dari zat tanduk dan merupakan lapisan yang kuat, berwarna putih. Fungsi dari selaput inti adalah melindungi struktur mata yang sangat halus dan membantu mempertahankan bentuk dari biji mata. Sklera membentuk yang namanya kornea. Apakah itu kornea ?. Kornea adalah lapisan bening dan transparan yang berfungsi menerima cahaya yang masuk ke mata. Kornea dilindungi oleh selaput tipis yang disebut dengan Konjungtiva.Kornea terus menerus dibasahi oleh air yang ada dimata yang disebut air mata, nah sekarang teman-teman sudah mengetahuinya bukan Putih-putih pada bola mata itu di sebut dengan Sklera.

B. Selaput Hitam

Selaput hitam (koroid) adalah lapisan tengah dari bola mata yang banyak mengandung pembuluh darah Fungsi dari selaput ini adalah memberi nutrisi dan oksigen ke mata serta menyerap cahaya dan mengurangi cahaya yang memantul di sekitar mata yang terdapat di bagian dalam. Pada koroid memiliki iris itu membentuk warna mata, pupil, lensa mata itik dekat mata, dan titik jauh mata.

C. Selaput Jala

Jika ada orang yang menyebut Retina maka itulah selaput jala, Retina merupakan lapisan yang paling dalam yang terdapat pada mata yang peka terhadap cahaya. Retina memiliki sel-sel syaraf. yang mana pada retina terdapat bintik kuning dan bintik buta. Nah beikut penjelasannya tentang Bintik Kuning. Bintik kuning merupakan bagian retia yang paling peka terhadap cahaya karena merupakan tempat perkumpulan sel-sel syaraf yang berbentuk kerucut dan batang.

Organ Mata Luar Beserta Fungsinya

Pada bagian ini Fungsinya adalah sebagai pelindung mata dari berbagi macam gangguan yang datang secara tidak terduga

-Bulu Mata

Bulu ini terletak dekat sekali dengan mata yang berfungsi menyaring sinar/ cahaya yang akan di terima sebelum masuk ke bola mata.

-Kelopak Mata

Kelopak mata itu yang dapat membuka dan menutup mata yang memikili kegunaan sebagai penutup serta pelindung mata.

-Alis Mata

Berada tepat di atas kelopak mata yang sebenarnya memiliki fungsi untuk menahan mata dari air jatuh dari atas seperti keringat dan saat hujan.

Baca juga : Obat Katarak Herbal

Organ Mata Dalam Beserta Fungsinya

1. Kornea

Bagian ini terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang, munutupi iris dan pupil. Salah satu karakteristiknya saat kita sentuh mata akan menutup secara reflek. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar

2. Lensa Krisalin

Lensa ini memiliki fungsi untuk mengfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital.

3. Iris

Inilah bagian mata yang memiliki warna yang pada manusia kadang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Posisi dari iris ini ada di tenga dan berfungsi untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk.

4. Aqueous Humor

Bagian ini berfungsi membiaskan cahaya kedalam mata

5. Pupil

Berwarna hitam dan berada di tengah Iris yang dapat membuka dan menutup, adapun fungsinya adalah untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.

6. Retina / Selaput Jala

Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Fungsi Retina Mata untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optik.

7. Syaraf Optik

Saraf optik mentransmisikan impuls cahaya yang di tangkap retina menuju otak. Menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian terlihat dari saraf optik disebut disk optik.

8. Otot Mata

Otot ini berguna untuk mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.

9. Vitreus humor

Selanjutnya cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

10. Bintik kuning

Posisi dari bagian ini di retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.

Nah itulah beberapa bagian-bagian mata serta fungsinya yang sangat penting untuk anda ketahui. Selain itu juga, ada hal yang paling penting untuk anda lakukan saat ini adalah dengan cara menjaga atau merawat kesehatan organ mata sedini mungkin sebelum beberapa penyakit kronis yang menyerang pada bagian mata anda, kami sarankan supaya anda merawatnya dengan suplemen kesehatan mata rekomendasi para ahli dan pakar kesehatan yakni Eye Care Softgel green world. Jika anda ingin mengetahui kelengkapan obat herbal eye care softgel mengenai khasiat dan keampuhannya, bisa anda cek di web http://obatkhususmata.com/manfaat-eye-care-softgel-untuk-kesehatan-mata/ .

Berbagai Jenis Penyakit Mata Dan Penyebabnya

Mata merupakan organ terpenting bagi manusia. Dengan mata kita dapat menikmati kehidupan dunia dan mengetahui segalanya. Namun mata juga seperti organ tubuh lain yang bisa terkena penyakit dan fungsinya mengalami penurunan. Namun gangguan kesehatan mata dulu kita kenal hanya belekan dan merah. Ternyata banyak macam penyakit mata merah ini sangat banyak sekali. Ada berbagai jenis penyakit mata yang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, remaja hingga orang lanjut usia.

Jenis penyakit mata ada banyak macamnya sehingga kita harus lebih mempedulikan kesehatan mata, agar kita dapat mengetahui dan mengobati sejak dini jika mata kita sakit. Berikut ini ialah beberapa jenis penyakit mata:

-Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah iritasi akibat infeksi bagian selaput yang melapisi mata. Gejala penyakit mata ini biasanya mata memerah, berair, gatal, terasa nyeri, keluar belekan & penglihatan kita menjadi kabur. Konjungtivitis mudah menular dan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti alergi (debu, serbuk, bulu, angin / asap), infeksi bakteri, penggunaan lensa kontak yang kurang bersih.

-Keratokonjungtivitas Vernalis (KV)

Keratokonjungtivitas adalah peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit pada mata. Gejala penyakit mata ini: berair, gatal, mata merah, kelopak mata bengkak & banyak keluar belek. Perlu diketahui KV merupakan peradangan musiman cenderung kambuh terutama pada musim panas.

-Belekan

Penyebabnya adalah infeksi virus, terkadang disertai infeksi bakteri. Penyakit mata ini membuat mata menjadi merah, bengkak, dan nyeri serta memproduksi kotoran mata menjadi banyak. Gejala dari belekan ini biasanya membuat bulu mata saling menempel dan sulit dibuka pada waktu bangun tidur karena terlalu banyak kotoran yang lengket di bulu mata. Biasa menyerang anak-anak dan sangat menular.

-Ulkus Kornea (UK)

Ulkus kornea adalah infeksi pada bagian luar kornea. Biasanya penyakit mata seperti ini disebabkan beberapa jenis bakteri, seperti
stafilokokus, pseudomonas dan pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan. UK terkadang terjadi di seluruh.

-Darkiosistitis

Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah & bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah & penderita mengalami demam.

-Katarak

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. Kebanyakan lensa agak keruh setelah usia 60 tahun. Sebagian besar penderita mengalami perubahan yang serupa pada kedua matanya, meskipun perubahan pada salah satu mata mungkin lebih buruk dibandingkan dengan mata yang lainnya. Pada banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui. Katarak bisa disebabkan oleh: cedera mata, penyakit metabolik (misalnya diabetes), atau obat-obat tertentu (misalnya kortikosteroid).

Gejala dan tanda keluhan yang sering dirasakan penderita adalah kurangnya penglihatan dan gambaran keruh pada mata. Gangguan penglihatan bisa berupa kesulitan melihat pada malam hari, melihat lingkaran di sekeliling cahaya atau cahaya terasa menyilaukan mata, penurunan ketajaman penglihatan (bahkan pada siang hari), sering berganti kaca mata, dan penglihatan ganda pada salah satu mata.

-Blefaritis

Blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata sebab terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut.

-Glaukoma

Mata mempunyai sebuah tekanan cairan pada bola matanya (intraokuler) untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya. Jika tekanan terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan bola mata menonjol seperti hendak keluar dan dapat merusak saraf mata. Glaukoma ditandai dengan pandangan yang mulai kabur dan berkurangnya pandangan ke samping (lebar penglihatan berkurang). Jika ditangani dengan baik, sebelum terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata, maka masih ada kesempatan untuk kembali membaik. Namun jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan.

-Endoftalmitis

Endoftalmitis merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi sebab mata anak tertusuk sesuatu seperti jarum/benda tajam lainnya.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai “jenis penyakit mata dan penyebabnya”. Nah untuk itu, bagi semua yang mempunyai mata yang masih sehat hal terpenting yang patut dilakukan adalah dengan menjaganya. Untuk itu tidak ada salahnya bagi kita bersama-sama mengetahui apa saja penyakit yang biasanya menyerang mata dan apa penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyakit yang menyerang mata mudah-mudahan kita bisa lebih waspada dan lebih bisa menjaga mata kita. Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs http://obatkhususmata.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Jenis Penyakit Mata Dan Penyebabnya

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *