Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sebagian besar dari kita membeli minyak yang aman untuk perlindungan jantung. Namun, penting juga mengecek minyak untuk memilih yang terbaik jika memiliki diabetes. Inilah Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes.

Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes | Saat Anda menderita diabetes, makanan merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Sebab, jika Anda salah dalam memilih makanan maka risiko lonjakan gula darah bisa berlangsung secara drastis.

Selain gula dan karbohidrat, pemilihan jenis minyak merupakan hal yang harus diperhatikan penderita diabetes dengan seksama. Hal ini disebabkan karena minyak mengandung tiga jenis asam lemak yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Salah dalam memilih jenis minyak bisa berakibat menumpuknya lemak dalam tubuh yang membuat metabolisme gula jadi lambat.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa jenis lemak yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes :

  • Minyak zaitun

Tidak hanya untuk kesehatan jantung, minyak zaitun juga baik bagi penderita diabetes. Hal ini karena meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar glukosa darah dengan menurunkan trigliserida. Selain itu, juga menurunkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

  • Minyak kelapa

Manfaat kesehatan dari minyak kelapa tidak hanya untuk rambut dan kulit, tetapi juga baik bagi kesehatan penderita diabetes. Minyak kelapa kaya MCT (medium chain triglycerides) yang mudah dimetabolisme dan dicerna, sehingga tidak memberikan kontribusi terhadap beban lemak.

  • Minyak kulit ari beras atau bekatul

Sertakan minyak kulit ari beras atau bekatul dalam diet, karena memiliki sifat penurun kolesterol. Selaina itu, minyak kulit ari beras juga merupakan sumber antioksidan yang meningkatkan kekebalan, energi dan melindungi kesehatan jantung.

  • Minyak kacang kenari

Para peneliti telah mengungkap bahwa minyak kenari mengandung asam lemak tak jenuh ganda, omega 3, dan banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan penderita diabetes.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Panggul

  • Minyak olahan

Minyak olahan atau refined oil adalah minyak yang melalui tahap penyulingan yang lebih sempurna. Sehingga membuat minyak ini stabil saat dipanaskan dengan suhu yang tinggi sehingga bisa menjadi pilihan sehat bagi penderita diabetes.

  • Minyak flaxseed

Salah satu jenis minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah minyak yang terbuat dari flaxseed. Selain itu minyak ini juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan konsentrasi penderita diabetes.

  • Minyak kanola

Minyak kanola terbuat dari ekstraksi rapeseed. Karena minyak ini tinggi akan asam lemak omega 3 dan rendah lemak jenuh, maka baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Itulah sejumlah Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes. Selain menggunakan minyak tersebut, gunakan pula makanan sehat tinggi serat agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Manfaat Menakjubkan Buncis Terhadap Kesehatan

Jenis Minyak Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *