Bahaya Lensa Kontak Yang Paling Mengerikan Bagi Mata

Ketahui Bahaya Lensa Kontak Yang Paling Mengerikan Bagi Mata

Apakah anda salah satu dari sekian banyak wanita yang sering menggunakan lensa kontak mata? ketahui bahaya lensa kontak yang paling mengerikan bagi mata.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi bahaya lensa kontak yang paling mengerikan bagi mata.

Bahaya lensa kontak yang paling mengerikan bagi mata | Pengguna lensa kontak memang berpotensi terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainnya. Namun, bukan berarti Anda harus bermusuhan dengan lensa kontak. Lensa kontak merupakan salah satu peralatan medis yang paling aman ketika digunakan secara bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai kontak lensa. Secara umum, ada dua jenis lensa kontak, antara lain:

  • Soft Contact Lenses

Seperti namanya, lensa jenis ini lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan. Namun, soft lens  lebih rapuh dan perlu dibersihkan lebih sering daripada hard lenses karena terbuat dari bahan silicone hydrogel, yaitu jenis plastik lembut yang mampu menyerap banyak air.

  • Hard Contact Lenses

Berkebalikan dari soft lens, hard lens memiliki bentuk yang lebih kaku dan keras, tetapi memberikan penglihatan yang lebih tajam. Selain itu, lensa ini memiliki pori-pori yang memungkinkan oksigen mencapai kornea. Hal ini dapat mengurangi masalah yang disebabkan ketika kornea tidak mendapat cukup oksigen. Lensa kontak ini biasanya tidak dijual bebas di pasaran, melainkan di dokter mata atau klinik khusus mata. Harganya pun relatif lebih mahal.

  • Rawatlah lensa kontak anda dengan menjaga kebersihannya, baik saat menggunakan maupun menyimpan. Perhatikan petunjuk penggunaan lensa. Selain itu, jagalah kebersihan tangan
  • Anda dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang lensa kontak.
  • Bila Anda ingin berdandan, sebaiknya kenakan lensa kontak terlebih dahulu.
  • Lepaskan lensa kontak sebelum tidur dan sebelum berenang untuk mengurangi risiko iritasi dan infeksi.
  • Hindari kebiasaan merokok karena para perokok lebih berisiko mengalami infeksi mata ketika menggunakan lensa kontak.
  • Jangan berbagi lensa kontak dengan orang lain.
  • Ganti lensa kontak Anda secara teratur sesuai anjuran dokter atau aturan pemakaian merek lensa kontak Anda.
  • Cuci dan bersihkan lensa kontak Anda secara teratur dengan cairan pembersih yang tepat.
  • Jangan menggunakan ulang cairan pembersih yang telah digunakan sebelumnya atau terkontaminasi.
  • Bersihkan tempat penyimpan lensa kontak secara teratur dengan sikat dan cairan lensa kontak.
  • Jangan membersihkan lensa kontak dengan air liur atau air keran.

Berikut ini adalah bahaya lensa kontak untuk mata yang harus diwaspadai

lensa-kontak-mataIritasi dan Mata Merah
Untuk menghindari bahaya minus tanpa kacamata  orang-orang ingin menggunakan softlens atau lensa kontak. Hal itu dikarenakan mereka merasa risih dan tidak pede jika harus menggunakan kacamata yang mengganggu penampilan. Iritasi diakibatkan oleh adanya benda asing yang menempel di bola mata dan menyebabkan iritasi. Mata merah dan kering juga banyak dialami oleh orang yang mengalami iritasi akibat softlens. Oleh sebab itu orang yang memakai softlens diwajibkan untuk membawa tetes mata khusus lensa kontak agar matanya tidak menjadi kering.

Infeksi
Penggunaan softlens kebanyakan digunakan untuk mengurangi gejala mata minus  tanpa menggunakan kacamata. Sayangnya penggunaan softlens yang salah dan tidak tahu cara merawatnya justru akan membuat penggunanya mengalami berbagai macam masalah mata. Jika mata hanya mengalami iritasi, bola mata tidak akan mengalami masalah selama iritasi itu bisa diatasi. Namun jika kasusnya sudah menjadi infeksi mata maka akan menimbulkan bekas luka di kornea mata. Karena infeksi yang terjadi itu kebanyakan menyerang retina. Infeksi itu juga menyebabkan rasa gatal sebab kuman telah masuk ke dalam kornea mata sehingga akan sangat bahaya mengucek mata  menggunakan tangan anda yang kotor. Kuman dan bakteri akan semakin berkembangbiak di dalam mata.

Leukoma
Dampak berat dari penggunaan lensa kontak yang sudah terinfeksi adalah mengalami leukoma. Leukoma merupakan adanya becak putih seperti porselen yang ada di dalam kornea mata. Leukoma itu merupakan dampak akibat infeksi yang ada di mata dan diakibatkan oleh softlens.

Bercak putih seperti kilau proselen dari kejauhan itu akan ada di salah satu kornea atau di kedua kornea mata. Munculnnya leukoma di kornea mata bisa menyebabkan gangguan padangan pada pasien.

Nebula
Akibat ringan dari infeksi mata yang diakibatkan oleh softlens adalah nebula. Kebanyakan infeksi itu ada di kornea mata sehingga nebula juga akan menyerang mata. Nebula ini berbeda dengan leukoma, perbedaannya adalah leukoma bisa terlihat dari jarak jauh sedangkan nebula kekeruhan korneanya bisa dilihat dari jarak dekat.

Konjungtivitis
Bahaya lensa kontak bagi mata selanjutnya yang cukup penting adalah terjadinya konjungtivitis. Akibat lainnya dari softlens mata adalah terjadinya konjungtivitis. Penyakit ini merupakan munculnya peradangan di konjungtiva yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus yang ada di softlens tersebut atau karena tangan yang dipenuhi dengan bakteri dan kuman. Peradangan yang terjadi pada penderita konjungtivitis ada di selaput lendir mata, menyebabkan mata menjadi bengkak bahkan bisa sampai terkena kerusakan kornea mata. Gejala utama yang akan dialami orang yang mengalami penyakit ini adalah adanya rasa mengganjal seperti kemasukan benda asing di mata, sekitar mata sakit, pembengkakan pada mata dan juga munculnya rasa gatal di mata.

Menyebabkan Ulkus Kornea
Tahukah anda apa itu ulkus kornea?, ulkus kornea merupakan ditemukannya luka terbuka pada kornea yang ada di lapisan terluar. Hal ini bisa terjadi pada orang yang menggunakan lensa kontak sepanjang hari atau melebihi dari batas waktu pemakaian lensa kontak mata. Orang yang menderita ulkus kornea tidak boleh melihat matahari secara langsung sebab bahaya melihat matahari langsung bagi penderita ulkus kornea adalah akan mengakibatkan  mata menjadi nyeri tak tertahankan.

Bentuk Bola Mata Berubah
Orang yang memakai lensa kontak dalam waktu yang lama dan melekat erat di kornea bisa menyebabkan bentuk bola mata berubah menyerupai bentuk softlens yang digunakan. Hal itu dikarenakan setelah berkali-kali penggunakan lensa kontak, lensa itu justru kehilangan bentuk aslinya. Ketika digunakan kembali bentuk lensa kontak yang kehilangan bentuk aslinya justru akan mempengaruhi bentuk bola mata yang ada di dalam tubuh manusia.

Alergi
Bahaya penggunaan lensa kontak lainnya adalah orang tersebut akan mengalami alergi di matanya. Alergi itu bisa berupa mata menjadi gatal, rasa tidak nyaman dan masih banyak lagi lainnya. Alergi mata itu menyebabkan orang yang mengalaminya merasakan gatal sepanjang waktu akibat pemakaian lensa mata itu. Cara mengatasi alergi sangat dibutuhkan ketika seseorang mengeluhkan rasa gatal di kedua bola matanya. (Dikutip dari halosehat.com)

Baca juga |Berbagai Tindakan Yang Dapat Merusak Mata

Bahaya Lensa Kontak Yang Paling Mengerikan Bagi Mata

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *